Jumat, 11 Maret 2016

Sebenarnya Musibah itu Indah!

   Hidup itu berklika-liku. Kadang berjalan mulus tanpa kendala, kadang belok meliuk bak jalan berliku, kadang juga penuh hambatan sulit dilalui. Tapi bagaimanapun itu, begitulah yang namanya hidup. Anugerah tiada tara yang Allah berikan kepada seluruh manusia.

 Didalam hidup ini, kita acap kali menemui yang namanya kesulitan atau musibah. Tak ada seorang pun yang dapat lolos darinya, semua pasti dapat. Tapi meskipun demikian, perlu kita ketahui bahwa Allah menjadikan musibah itu -bagi seorang muslim- sebagai penghapus dosa, pengangkat derajat, dan juga sebagai ujian bagi muslim itu sendiri.
   
   Rasulullah bersabda :

قَالَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيبُهُ أَذًى إِلَّا حَاتَّ اللَّهُ عَنْهُ خَطَايَاهُ كَمَا تَحَاتُّ وَرَقُ الشَّجَرِ

Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya”.  (HR. Bukhari).
   Berarti Allah Ta'ala memberikan kita ujian berupa musibah hanya untuk kebaikan kita sendir. Bahkan di hadits yang lain, Rasulullah juga mengabarkan bahwa musibah itu adalah pengangkat derajat seorang muslim disisi Allah azza wa jalla. Beliau bersabda:
     "مَا يُصِيْبُ الْمُؤْمِنَ مِنْ شَوْكَةٍ فَمَا فَوْقَهَا إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً أَوْ حَطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيْئَةً"
    "Tidak ada satu pun musibah yang mneimpa seorang muslim berupa duri atau semisalnya melainkan dengannya Allah mengangkat derajatnya atau menghapus kesalahannya." (HR. Muslim)

   Betapa indah hikmah yang terkandung di balik ujian dan cobaan bagi seorang muslim. Dan sungguh akan bertambah ganjaran yang akan meraka dapatkan dari musibah itu ketika musibah itu mereka terima dengan sabar berlapang dada.
    Allah azza wa jalla berfirman, 
إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُوْنَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَاب

Sesungguhnya, hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar : 10)

    Dan patutnya kita mencontoh apa yang di kerjakan Ummu salah ketika ia tertimpa musibah berupa kematian suaminya lalu ia bersabar dan memanjatkan doa yang diperintahkan oleh Rasulullah; 

         إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أْجُرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْه

  Artinya: “Sesungguhnya kita ini milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kita akan kembali. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya.”
   dan Beliau -Ummu Salamah- berharap agar Allah menggantikan suaminya yang wafat dengan Rasulullah. Dan ternyata Allah meng-ijabah doanya sehingga menikahlah ia bersama Rasulullah.

       Semoga kita menjadi hamba-hamba yang dicintai oleh Allah dengan bersabar da ikhlas atas musibah yang menimpa kita. Dan juga, semoga Allah menjadikan musibah yang menimpa kita sebagai penghapus dosa, sekaligus pengangkat derajat kita di sisiNya. 

Amiii......
  
   
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: