Minggu, 20 Maret 2016

Kapan Kamu Harus Melompat

  Seorang Peneliti mengambil seekor katak lalu memasukkannya kedalam air yang sangat panas untuk melihat reaksi katak tersebut. Tak anyal, katak itu segera melompat keluar dengan sangat cepat.
   Peneliti ini menunggu untuk beberapa saat lalu kemudian menangkap kembali katak yang sama. Dia sirami katak itu dengan air dingin untuk menenangkannya.
   Kemudian si peneliti memasukkan hewan percobaannya itu kedalam kuali yang cukup besar yang berisi air dingin. Setelah melihat katak itu tenang, ia mulai menyalakan api dibawah kuali.
   Lambat laun air yang tadinya dingin, sedikit demi sedikit mulai bertambah suhunya. Suhunya mulai berubah dari 10 ℃ sampai 20℃, dan begitu seterusnya, air semakin bertambah panas bahkan hampir mendidih. Namun katak itu sama sekali tak bereaksi, ia tetap tenang dalam air itu sampai iapun mati.
   Melihat itu, sang peneliti mengambil kesimpulan bahwasanya katak tidak bisa merasakan perubahan yang terjadi sedikit demi sedikit disekitarnya meski itu akan membunuhnya.
__________________
Hikmah ♡
    Sebenarnya kenapa katak itu bisa mati? Mungkin kebanyakan dari kita akan menjawab "air mendidihlah yang telah membunuhnya!" Bukan...! bukan itu sebabnya. Sebenarnya katak itu mati karna ketidakmampuannya mengambil keputusan kapan ia harus melompat dari kuali itu.
    Setiap dari kita butuh untuk menyesuaikan diri dengan manusia yang lain, namun yang lebih penting lagi ialah bagaimana kita tau kapan kita harus menyesuaikan diri, sampai sejauh mana penyesuaian itu, dan kapan kita harus menjauh  atau bahkan melawan untuk tidak menyesuaikan diri lalu mengambil keputusan yang sesuai.
    Jika kita selalu membuka pintu kepada seluruh manusia untuk mengarahkan atau mengeksploitasi kita dari segi harta, tenaga, atau pikiran, maka itu akan terus berlanjut sampai mereka menguasai kota sepenuhnya tanpa kita sadari.
   #harus pintar-pintar mengambil keputusan
  
   
Comments
4 Comments

4 komentar:

Aydi R. mengatakan...

inspiratif..

mungkin juga karena kataknya kelamaan dalam tempurung..:D

Audrey mengatakan...

Tidak semua orang mampu mengambil hikmah dari sebuah peristiwa. Jadi peristiwa itu berlalu tanpa meninggalkan kesan.

Maka dapat saya bilang tulisan ini sangat berkesan.

Audrey mengatakan...

Luar biasa, mampu mengambil hikmah dari penelitian tersebut. Bertambah lagi ilmu barunya.

Mas, dari ODOP 2, ya?

Unknown mengatakan...

makasih dek Audrey, semoga kita semua selalu bisa berbagi