Sabtu, 13 Februari 2016

Sejarah, Torehan Manusia Hebat yang Pernah Ada

   Kata seorang sejarawan, "Sejarah adalah kumpulan perjalanan hidup orang-orang hebat."
 
   Memang benar demikian. Kalau kita telisik perjalanan sejarah yang telah terabadikan diatas lembaran-lembaran kehidupan, maka kita akan temui perjuangan dan pengorbanan dari orang-orang hebat. Usaha yang begitu besar serta hasil yang begitu mengagumkan, membuat mereka begitu berhak untuk selalu dikenang dari masa ke masa.

   Nabi Musa sendiri telah menunjukkan keberaniannya didepan Fir'aun yang kesombongannya tak tertandingi sepanjang masa. Oleh karena itu, Allah mengabadikan kisahnya didalam Al Quran sebagai pelajaran yang sangat mengagumkan.

   Begitu juga Nabi Ibrahim, yang tanpa getar melawan raja yang begitu bengis. Dan ketika ia dilemparkan kedalam api yang dikatakan, ketika burung melintas diatas api tersebut niscaya burung itu akan jatuh kedalamnya, menandakan begitu besar api yang disiapkan untuk Nabi Ibrahim. Namun, apa yang Ia katakan tatkala malaikat Jibril datang menawarkan pertolongan? Nabi Ibrahim dengan penuh ketegaran hanya berkata, " “Cukuplah Allah bagiku, dan Dia sebaik-baik Pelindung.” (HR. al-Bukhari no. 4563 dari Ibnu ‘Abbas.

   Masih banyak kisah yang tertoreh dalam lembaran-lembaran sejarah yang mengandung begitu banyak mata air pelajaran bagi kita semua. Kisah nabi-nabi yang ada dalam Al Quran, serta kisah para sahabat nabi sekaligus kisah para panglima islam atau ulama' yang begitu menggugah hati atas kehebatan mereka dalam mengarungi perjalanan hidup ini. Sekarang semua itu telah menjadi sejarah yang takkan pernah terlupakan.

   Kitapun bisa membuat sejarah tersendiri untuk kehidupan kita. Hanya saja, semua itu butuh usaha yang tak kenal lelah dan ketegaran yang tak pernah sulut dan padam.

Comments
1 Comments

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Semoga kita bisa menorehkan sejarah masing-masing...