Sabtu, 20 Februari 2016

Islam diwajah Indonesia


    Siapa sih, yang tidak tahu bahwa Indonesia adalah negara berpenduduk mulislim nomer wahid di dunia. Sekitar 85% penduduk indonesia beragama Islam, bahkan dahulu penduduk muslimnya mencapai 95% lebih.

    Mungkin orang islam di negara lain akan berfikir bahwa indonesia adalah negara yang sangat agamis,  tunduk patuh menjalankan agamanya dan sebagainya. Mereka akan membayangkan betapa Indonesia adalah negara yang islamnya sangat kental dan terasa penerapan hukum (syariatnya). Namun, ternyata semua itu hampir bertolak belakang dengan apa yang mereka pikirkan.

   Pernah suatu ketika, seorang Syaikh (Panggilan kemuliaan untuk orang arab atas ilmu mereka) datang berkunjung ke Indonesia. Beliau ditemani oleh salah seorang ustadz yang menjadi pemandu beliau. 

   Setelah keluar dari bandara, Syaikh itu terlihat memperhatikan tiket pesawatnya dengan raut muka yang terlihat bingung. Melihat syaikh yang ia temani terlihat aneh sambil membolak balik tiketnya, sang ustadz  langsung bertanya,

"Ada apa dengan Anda ya, Syaikh?"

   Syaikh itu menjawab, "Aku ragu kalau ini adalah Indonesia, mungkin kita salah naik pesawat sehingga mendarat di negara lain.
Ini tidak terlihat seperti indonesia! Aku melihat banyak wanita yang berpakaian tak sopan dan terkesan tidak ada nuansa islamnya, sangat beda dengan apa yang aku bayangkan."

"Kita tidak salah naik pesawat maupun salah mendarat, ini memang indonesia ya,, syaikh." Jawab ustadz itu sambil tersenyum penuh makna dengan kejadian ini.

   Begini sedikit potret tentang bayangan orang lain akan negri kita tercinta.

   Kalau kita ingin perhatikan, memang indonesia tak seharusnya berwajah kusut seperti sekarang ini; banyak orang mengaku islam namun tak sedikitpun islam itu terlihat pada dirinya.

   Banyak kaum muslimin yang masih terlalu cuek dan enggan untuk mendalami islam serta menanamkan nilai-nilai islam dalam kehidupannya. Kebanyakan mereka hanya menganggap islam sebagai ibadah seremonial saja, tak lebih dari itu.

   Padahal islam adalah gaya hidup, cara berfikir, serta tuntutan yang mengarahkan pemeluknya untuk mengabdikan dirinya dalam setiap waktu. Dan memang islam telah mengajarkan semua itu dalam Al-Quran dan Sunnah Baginda Muhammad Sallallahu alai wasallam.

____________________
____________________
  

  Mari tanamkan dalam hati bahwa kita harus bangga dengan menjadi seorang "muslim". Kita harusnya merasa bersyukur menjadi manusia yang Allah berikan nikmat yang begitu besar (islam). Dan mari kita katakan, "Saksikanlah! Aku adalah seorang MUSLIM."
  

Comments
2 Comments

2 komentar:

Helen Widaya mengatakan...

Bener..Indonesia semakin lama smakin kusut masai..

Unknown mengatakan...

Semoga apa yg kita usahakan menjadi salahsatu sebab kembalinya cahaya islam yang menyinari nusantara.