Rabu, 16 Maret 2016

Pemuda tanpa "Tapi" bag. 1

   Sungguh hidup ini adalah kumpulan fase-fase yang menakjubkan. Penciptaan kita yang pertama kali ialah di dalam perut Ibu, dan itu adalah fase pertama yang kita lalui. Kemudian lahirlah kita sebagai manusia baru, dan ini adalah fase kedua. Dalam fase ini, kita masih dalam keadaan lemah dan belum mampu berbuat apa-apa.
    Hari demi hari berlalu berganti bulan, deretan bulan berlalu menjadi tahun, dan tumbuhlah manusia yang tadinya penuh kelemahan menjadi seorang yang kuat fisik, akal, dan sempurna bentuknya. Pada fase ini, kita betul-betul sempurna dalam segala hal.
    Fase ini adalah masa muda. Masa yang pada saat itu semangat begitu menggebu, ambisi tak pernah padam, dan keinginan yang tak pernah surut. Pada masa ini, begitu banyak orang yang meraih sebuah pencapaian yang luar biasa. Namun ada juga yang tak mempu menghasilkan apa-apa, ia terlena dengan apa yang ia miliki sehingga semangat, ambisi, maupun keinginannya tak bisa ia pandu ke arah yang lebih positif. Singkat kata, ia gagal di masa mudanya. 

    "Kiteria Pemuda"
    Apasih kriteria pemuda yang sebenarnya? Disini saya akan mencoba memberi sedikit ulasan tentang kriteria pemuda dalam Pandangan Umum dan dalam Pandangan Islam.
Mungkin diantara keduanya tak memiliki perbedaan yang begitu mencolok dalam menentukan apa saja kriteria seseorang sehingga ia layak dikatakan seorang pemuda. 

     a.Pandangan Umum
Sebenarnya belum ada batasan pasti yang tersepakati secara bersama tentang batasan usia muda bagi seseorang. di Indonesia misalnya, Usia muda dikategorikan untuk yang berumur 17-25 tahun, sedangkan di Ingris, seseorang masih dianggap muda pada umur 32 tahun keatas. Ini menandakan bahwa masih ada perbedaan didalam menentukan batasan seseorang sudah atau masih dianggap muda. 
     b.Pandangan Islam
   Dalam pandangan islam, seseorang dikatakan pemuda (Syabab) sejak ia berusia balig sampai ia berumur 30-40 tahun. Sebenarnyatidak jauh beda dengan masa yang ditentuka oleh orang pada umumnya, hanya saja, didalam islam seseorang akan mendapatkan julukan sebagai seorang pemuda sampai umurnya mencapai 30 atau 40 tahun. 
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: